Sabtu, 28 Mei 2011

PENGALAMANKU episode 19(saat kanak2}

Masa kanak2 adalah masa2 yang indah dan bahagia sekali bagiku,aku akan mencoba mengingatnya kembali.
Akudilahirkan didesa kecil diTanjung Enim sumateraselatan desaku bernama airlaya desaku juga sering disebut dengan desa "BERLIAN HITAM" mengapa demikian karna didesaku terdapat tambang BATUBARA yang cukup luas dan keberadaan nya sudah ada sejak jaman kolonial dulu,dari pengabilan nya dengan cara tambang bawah tanah,tambang kompensional terbuka dengan menggali dengan bilencongdan linggis dan diangkut dengan krajang menuju kelori lori pengankut,kemudiaan penggalian dengan mesin dozer dan saat ini tambang batu bara airlaya sudah menggunakan alat canggih dan terus exsis sampai saat ini

Pengambilan batubara lebih banyak dan lebih cepat di bandingkan jaman dulu banyak sekali perubahan pada saat sekarang ini..

Sekitar tahun delapan puluhan kebawah tempat kami bermukim diairlaya dan Karang rejo direlokasikan /dipindahkan kedesa baru yang diberinama "SIDOMUKTI" (Karang asam} karna perluasan tambang,masa kecil kecil ku dulu aku sering mancing didanau danau yang banyak bertebaran di airlaya sambil mengembalakan ternak bersama teman teman sebayaku ,bermain layang layang,bermain gasing,membuat mobil mobilan dari tanah liat,dan mandi mandi ditelaga.

Dulu ada sebuah telaga yang ngat terkenal tempat orang berekreasi yang namanya "TELAGA PENAWAR"

Entah mengapa diberi nama "TELAGA PENAWAR " nantilah akan kita cari tau asal usul nama ini pada episode berikut nya .

"TELAGA PENAWAR" pada saat aku kecil kecil dulu memang tepat hiburan ,pasar malam ,sering ada keramaiyan disana ,ada pertunjukan kesenian 'Wayang kulit,ketoprak musik sering dipentaskan ditepian telaga penawar tersebut sungguh asik seli.


Seiring perjalanan waktu dan perobahan jaman "TELAGA PENAWAR" tidak ada lagi kering tertimbun dan jadi tempat penghijauwan semua tingal kenangan apalagi pada saat itu ada yang sedang remaja mungkin punya kenangan tersediri disana,berjalan bergandengan tangan dengan pacar,atau duduk2 ditepian telaga sambil dengarkan alunan musik ah sungguh satu kenangan yang tak terlupakan.

Jaman itu kira2 aku masih duduk dibangku sekolah dasar aku masih ingat aku sering diajak kakaku mengail ikan atau mencari burung punai dan belibis kakaku cukup pandai untuk menangkap hewan hewan tersebut kakaku senang bermain dihutan ia pergi pagi hari dan pulangnya petang hari aku masih ingat ia tidak mau bersekolah ia hanya tamat SLTP dan sekarang ia bermukim dipalembang dia kakaku lain ibu.


"AIRLAYA" tempat aku dilahirkan dibesarkan tanah umpah darah ku,aku terlahir dari keluarga sederhana Ayah ku seorang pekerja buruh kecil sebagai seorang kerani didapurr masak karyawan PN TABA,kalau dulu tata usaha sebutan nya kerani,ayah ku sangat mencintai pekerjaan nya dan berdidikasi tingi dan bertanggung jawab dengan keluarga.ayaku dilahirkan dijawa timur tepat nya di desa "NGAWI" namanya DRAN bin KROMO aku pernah diajak pulang kejawa pada saat masih kecil kerumah mang HARJO di desa ngawiitu sudah lama sekali,hanya sekali itulah aku diajak ayahku pulang kejawa dan tak pernah lagi pulang kejawa aku masih ingat ketika itu isteri mang atau paklek HARJO tukang jualan ayam potong.

Aku kehilangan jejak dengan sodara2 dari ayaku sejak ayaku meninggal kata orang jawa KEPATEN OBOR


Moga2 kelurga ayah ku ini masih ada disana didesa NGAWI Jawa timur dan bisa baca tulisan ku ini anaknya DIRAN bin KROMO yang sekarang ada ditanjung enim sumatera selatan.


Ibuku lahir pebatasan bogor jakarta ayahnya atau kakek nya orang sumatera (komering desa kangkung) ibuku bernama HATIMAH ayuknya(kakaknya)PATIMAH yang No 3 AMAT sedangkan yan bungsu ABUBKAR semuanya telah meninggal begitu pula dengan ibuku,didalam tulisan ku ini kuselipkan doa buat merekq semoga mereka selalu berada disisi ALLAH SWT diampunisegala dosa2 nya dan diterima amal baik nya selagi mereka masih hidup AMIN.

Jasa2 ibuku tak kan pernah terlupakan, iaorang nya sangat penyabar ia besarkan kami dengan penuh kasih sayang tiada duanya bagiku IBU.....

SAMPAI DISINI DULU PENGALAMAN KU SALAM HANGAT SELALU BUAT SOBAT SETIAKU
www.orindo.biz
jumpa lagi di episode ke 20

Tidak ada komentar: