Rabu, 02 Desember 2015

PENGALAMANKU (episode DUA ANAK MUDA YANG BAIK HATI MENOLONGKU )

Hari minggu 22Nopember2015 ,dari malam nya aku sudah berencana hendak kerumah Pak de diTanjung enim ada suatu hal yang akan kami bicarakan ,perjalana dari Muara enim  ke  Tanjung enim makan waktu dua puluh menit,namunsebelum aku kesana aku mampir dulu kerumah sahabat lamaku dia serang anggota kepolisian,sudah lama aku tidak berjumpa dengan nya ,karna kami sama2 sibuk ,aku kenal dia dari senjak ia masih bujang dan kini ia sudah punya dua orang anak ,persahabatan kami sudah cukup  lama,umur nya lebih muda dariku, jadi dia sudah kuanggap sodara dan adik,dulu ketika dia masih bertugas di POLSEK ,kami sering Mancing disungai Lematang  saat kami sama 2 libur,sangat asik sekali saat itu penghilang setres,tapi kini ia pindah ke POLRES,kesibukan nya makin bertambah,kami jarang bertemu akupun memakluminya,semoga kamu sehat selalu,kuat selalu,tetapterus semangat untuk tegakan HUKUM  dan mengayomi kami sebagai masarakat,tugasmu sanga mulia.

Jam Sembilan pagi aku tiba dirumah nya ,sengaja aku datang dihari minggu mungkin ia libur dan pasti dirumah ,ternyta benar ia ada dirumah ,aku bahagia sekali bisa bertemu dengan nya,kami ngobrol ngalor ngidul tentang keluarga kami masing masing ,sambil tertawa mengenang masa2 lalu.,semangkuk mie dan segelas teh disuguhkan oleh isterinya,kami nikmati bersama sambil ngobrol ngobrol,rasa nya kami tak mau stop ngobrol nantilah akn kuceritakan petualangan  dengan teman ku ini  saat kami mancing mania di sungai lematang,kini aku harus lanjutkan perjalan ku kerumah Pakde ku di Tanjung enim  kemudian aku pamit, sebelum aku langkahkan kaki isterinya member uang  untuk beli bensi allhamdulilah  kuterima dengan berat namun hatiku sangat terharu sekali mereka begitu mengerti sekali dengan kondisiku memang saat itu aku tidak  ada uang sepeserpun aku tidak perduli dengan bensin cukup tidak dalam tanki motorku aku benar benar sepekulasi dan galau  ,sepanjang jalan aku hanya berzikir ,dan terus berdoa semoga misiku untuk berjumpa dengan Pakde ku sesuai target duapuluh menit lebih kurang ahir nya aku sampai dirumah Pak deku ,namun sayang ,Pak de tidak ada dirumah dia sedang pergi ke Palembang ada keperluan ,dirumah hanya ada Embak Wulan dan ibu nya ,ah…..aku sedikit agak kecewa ,memang salahku ,sebelum nya aku tidak buat janji.
Aku pun pamit pulang ,kekecewaan ku kucoba kulawan walau hati ini bergemuruh menahan kecewa pada hal banyak yang akan ku katakana pada Pak de ku untuk kupintai pendapat sehubungan problema yang sedang kuhadapi sekarang  ini,namun tak apalah esok pun masih ada waktu……

Sepeda motor ku meluncur keluar dari gapura dari tempat Pak de tinggal ke jalan lepas trans sumatera yang ramai menuju hilir  kearah kembali kerumah motor ku kadang-kadang kupacu dengan kencang dan  kadang-kadang kupacu lambat  kampung demi kampung kulalui ,aku tak ingat kalau sepeda motor ku saat brangkat tadi tidak ku chek bahan bakar nya telah seper empat jam aku berjalan tiba-tiba motor ku tersendat sedat mesin nya mau mati aku baru sadar bensin belum kuisi saat aku berangkat tadi,tepat di persipangan jalan dekat KOMPI RINDAM  desa Karang raja sepeda motorku mogok mati mesin lalu kuchek tanki  benar  bensin ku habis ,kemudian kudorong motor ku untuk cari bensin cangkokan berat sekali rasa nya ngilu rasa kaki ku tidak kuat rasanya tubuhku yang sudah renta ini, sebentar-sebentar aku berhenti untuk atur tenaga dan napas keringat mulai membasahi mukaku aku mengerutu sendiri oh….begini rasanya mendorong  motor  mogok
YAA ” ALLAH “ YAA RAHMAN YAA RAHIM bantulah aku dalam kesulitan ini ,aku terus mendorong dan mendorong motorku yang mogok sambil berharap bertemu tempat penjual bensin ,namun tiba-tiba dibelakangku ada suara motor berhenti dan menyapaku akupun menengok kebelakang dua pemuda bermotor Gede mereka bertanya “Ngapa Pak “ ,”Motorku mogok  habis bensin aku mau cari tempat jual bensin “jawabku singkat  sambil aku berhenti kembali mendorong  motorku,”Biar kami bantu carikan bensin…”  dua pemuda itu menawarkan pertolongan padaku,tadinya aku bilang “Biar lah dik aku beguyur “ namun dua pemuda it uterus mengiringiku ,mereka begitu tulus ingin membantuku ,akupun menerima tawaran bantuan nya,tepat ditikungan dekat pembatas jalan aku pun berhenti dan kuparkirkan motor ketepian jalan,kami duduk dipagar pembatas jalan, aku berucap “ALLHAMDULILAH” dalam hati  “ALAH”  menolongku dengan perantara dua pemuda yang baik hati dan berbudi luhur ini, kuambil selembar uang dari dalam doppet digantungan konci kotak motorku ,selembar uang kertas pemberian dari isteri sahabatku ketika aku kerumah nya pagi tadi ,kuberikan pada pemuda itu,ia pun bergegas mencari kios bensin seorang teman nya tinggal menemani ku,kami ngobrol sepatah dua patah kata,lalu kutawarkan sebatang rokok “Maaf Pak saya enggak merokok”
Pemuda itu memakai sepatu roda tampak nya mereka sedang berolah raga.
Tak lama kemudian teman nya pun datang dengan membawa derjen kecil berisi bensin,dan berkata”Pak kembalian uang nya masih di kios bensin ,kita ambil sambil kita antarkan dirijen ini”  “IYA DIK” jawabku,setelah motorku diisi bensin dan lalu kuhidupkan ,lalu kami beriringan menuju kios bensin di mana ia beli bensin tadi ,kukembalikan derijen kosong dan kuambilkembalian uangku ,kucabut selembar dari uang kembalian tadi akan kuberikan kepada dua pemuda yang menolongku tadi namun mereka tidak mau menerima nya ,hatiku sangat terharu sekali ,dalam pikiran ku uang yang diberi oleh sahabatku ini bukan milik ku sendiri ,rezeki ini harus berbagi,namun SUBHAN ALLAH kedua pemuda itu tak mau menerima nya ,mereka sangat tulus menolongku,tanpa mau diberi ibalan apapun,bergetar hati dan jiwaku ,kuucapkan terima kasih ,mereka berdua kusalami danmereka berdua men cium tangan ku, oh…betapa baik nya budi pekerti kedua pemuda ini, YAA” ALLAH” lindungi selalu dengan kebaikan kedua pemuda ini,limpahkan taufiq dan hidayah mu pada mereka ,dan juga pada anak2 muda lain nya
Kupacu kembali motorku dan dengan mulus sampai lagi aku dirumah ku,dengan mendapat satu pengalaman yang sangat berharga.

TERKADANG KITA DIHADAPKA DUA PILIHAN DALAM BERTINDAK
BAIK & buruk
Namun hati dan jiwa kita yang murni akan selalu menolak yang buruk
Itulah gairah hidup untuk terus berusaha yang terbaik



SALAM HANGAT SELALU BUAT SAHABAT DIMANAPUN BERADA

Tidak ada komentar: